Senin, 21 Oktober 2013

Bab 1


BAB I PERANGKAT LUNAK SEBAGAI PRODUK
Rekayasa Perangkat Lunak dilatarbelakangi adanya kebutuhan dari manusia dengan tuntutannya disamping dengan adanya perkembangan hardware dan software yang ada semakin meningkat.
Dalam Rekayasa Perangkat Lunak umumnya ada beberapa kegiatan yang senantiasa ada pada model proses apapun : identifikasi kebutuhan, desain, pengkodean, penerapan, dan pemeliharaan. Semua Proses tersebut akan dipengaruhi oleh tiga pihak yaitu SPONSOR, USER, dan DEVELOPER.


1. PENGERTIAN RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
Menurut Bahasa Rekayasa Perangkat Lunak berasal dari 2 kata yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa)
Perangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu program atau sistem.
Engineering (Rekayasa) adalah Aplikasi terhadap pendekatan sistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis serta aplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk, proses, atau sistem.
Jadi, Menurut Istilah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) juga merupakan pendekatan sistematis dan matematis untuk membangun, memelihara, dan mengenyahkan perangkat lunak. Dari cara pandang lain, RPL adalah pendekatan sistematis untuk merekayasa perangkat lunak yang handal/bermutu, tepat waktu, dan dengan biaya yang optimal.

2. JENIS PERANGKAT LUNAK
Pengelompokan menurut cara pembuatannya, dapat dibagi menjadi 2 yaitu
1.     Perangkat Lunak Generik (Generic Software) merupakan perangkat lunak yang berdiri sendiri dengan menggunakan standar tertentu yang diproduksi oleh vendor dan biasa dijual bebas.
2.     Perangkat Lunak Pesanan (Order Software) merupakan perangkat lunak yang dipesan oleh pelanggan tertentu kepada vendor.
Pengelompokan menurut penggunaannya, dapat dibagi menjadi 8 kategori yaitu
1.     System Software adalah Software yang disusun dengan memiliki fungsi dasar system operasi
2.     Real-time Software adalah Software yang digunakan untuk memonitor, menganalisa atau mengendalikan peristiwa secara langsung (pada waktu itu juga) contoh Mesin ATM
3.     Business Software adalah Software yang digunakan untuk sebuah Bisnis
4.     Engineering and Scientific Software adalah Software yang disusun untuk mengikut sertakan berbagai rumus – rumus pada ilmu pengetahuan tertentu
5.     Embedded Software adalah Software yang dirancang untuk piranti modern cerdas
6.     Personal Software adalah Software untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia secara individual
7.     Web base Software adalah Software yang dipergunakan untuk menjalankan berbagai perintah pada jejaring internet
8.     Artificial Intelligence Software adalah Software untuk menyelesaikan pekerjaan rumit dan non numerical algorithm


3. KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak mempunyai Karakteristik sebagai berikut :
1.     Maintability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
2.     Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
3.     Efisiensi, Perangkat Lunak harus Efisien
4.     Usability, Perangkat Lunak dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan.
5.      
4. MUTU PERANGKAT LUNAK
            Seperti bahasan yang diatas tadi, sebuah Perangkat Lunak dipengaruhi oleh 3 pihak. Ketiga pihak tersebut sangat berperan aktif mulai dari proses awal sampai proses penerapan perangkat lunak tersebut. Mutu Perangkat Lunak dapat disebut baik atau buruk tergantung dengan kerjasama ketiga pihak yaitu
a.   Sponsor
Seseorang atau organisasi yang membiayai/membayar selama pengembangan perangkat lunak
b.      User
Seseorang yang secara langsung berinteraksi terhadap eksekusi perangkat lunak. (Yang menggunakan/menikmati Perangkat Lunak tersebut)
 c.       Developer
Seseorang atau Organisasi yang memberikan modifikasi atau yang membuat perangkat lunak tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar