BAB I PERANGKAT LUNAK
SEBAGAI PRODUK
Rekayasa Perangkat Lunak dilatarbelakangi adanya kebutuhan
dari manusia dengan tuntutannya disamping dengan adanya perkembangan hardware
dan software yang ada semakin meningkat.
Dalam Rekayasa Perangkat
Lunak umumnya ada beberapa kegiatan yang senantiasa ada pada model proses
apapun : identifikasi kebutuhan, desain, pengkodean, penerapan, dan
pemeliharaan. Semua Proses tersebut akan dipengaruhi oleh tiga pihak
yaitu SPONSOR, USER, dan DEVELOPER.
1. PENGERTIAN RPL (Rekayasa Perangkat
Lunak)
Menurut Bahasa Rekayasa Perangkat Lunak berasal dari 2 kata
yaitu Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa)
Perangkat Lunak (Software) adalah source code pada suatu
program atau sistem.
Engineering (Rekayasa) adalah Aplikasi terhadap pendekatan
sistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis serta aplikasi
tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk, proses, atau sistem.
Jadi, Menurut Istilah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) juga
merupakan pendekatan sistematis dan matematis untuk membangun, memelihara, dan
mengenyahkan perangkat lunak. Dari cara pandang lain, RPL adalah pendekatan
sistematis untuk merekayasa perangkat lunak yang handal/bermutu, tepat waktu,
dan dengan biaya yang optimal.
2. JENIS PERANGKAT LUNAK
Pengelompokan menurut cara pembuatannya, dapat dibagi menjadi
2 yaitu
1.
Perangkat Lunak Generik (Generic Software) merupakan perangkat
lunak yang berdiri sendiri dengan menggunakan standar tertentu yang diproduksi
oleh vendor dan biasa dijual bebas.
2.
Perangkat Lunak Pesanan (Order Software) merupakan perangkat
lunak yang dipesan oleh pelanggan tertentu kepada vendor.
Pengelompokan menurut penggunaannya, dapat dibagi menjadi 8
kategori yaitu
1.
System Software adalah Software yang disusun dengan memiliki fungsi
dasar system operasi
2.
Real-time Software adalah Software yang digunakan untuk
memonitor, menganalisa atau mengendalikan peristiwa secara langsung (pada waktu
itu juga) contoh Mesin ATM
3.
Business Software adalah Software yang digunakan untuk sebuah
Bisnis
4.
Engineering and Scientific Software adalah Software yang
disusun untuk mengikut sertakan berbagai rumus – rumus pada ilmu pengetahuan
tertentu
5.
Embedded Software adalah Software yang dirancang untuk piranti
modern cerdas
6.
Personal Software adalah Software untuk membantu menyelesaikan
pekerjaan manusia secara individual
7.
Web base Software adalah Software yang dipergunakan untuk
menjalankan berbagai perintah pada jejaring internet
8.
Artificial Intelligence Software adalah Software untuk
menyelesaikan pekerjaan rumit dan non numerical algorithm
3. KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak mempunyai Karakteristik sebagai berikut :
1.
Maintability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat
memenuhi perubahan kebutuhan
2.
Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
3.
Efisiensi, Perangkat Lunak harus Efisien
4.
Usability, Perangkat Lunak dapat digunakan sesuai dengan yang
direncanakan.
5.
4. MUTU PERANGKAT LUNAK
Seperti
bahasan yang diatas tadi, sebuah Perangkat Lunak dipengaruhi oleh 3 pihak. Ketiga
pihak tersebut sangat berperan aktif mulai dari proses awal sampai proses
penerapan perangkat lunak tersebut. Mutu Perangkat Lunak dapat disebut baik
atau buruk tergantung dengan kerjasama ketiga pihak yaitu
a. Sponsor
Seseorang atau organisasi yang membiayai/membayar selama
pengembangan perangkat lunak
b. User
Seseorang yang secara langsung berinteraksi terhadap eksekusi
perangkat lunak. (Yang menggunakan/menikmati Perangkat Lunak tersebut)
c. Developer
Seseorang
atau Organisasi yang memberikan modifikasi atau yang membuat perangkat lunak
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar